Sebanyak 428 pelari meramaikan ajang lari marathon yang digelar oleh Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura bertajuk Pattimura Airforce Run (PAFR) 2024 di Kota Ambon, Maluku.

"PAFR 2024 ini berlangsung di areal lanud Pattimura dengan tiga kategori yaitu 3 kilometer, 5 kilometer dan 10 kilometer dan terbuka untuk umum bersifat pribadi, personal, dan bukan kelompok," kata Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Herinco Simatupang di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, meskipun kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar Lanud Pattimura, namun minat peserta untuk mengikutinya cukup tinggi.

"Peserta yang ikut bukan hanya dari Maluku tetapi juga dari Jawa, Papua, dan Bali," ucapnya.

Menurutnya, lewat Pattimura Air Force Run ini sebanyak 10 orang akan dikirim Pangkalan TNI-AU Pattimura Ambon untuk mengikuti ajang serupa di tingkat nasional pada Desember 2024.

“Intinya lari itu dilaksanakan dengan kondisi yang sedikit panas dibandingkan lari-lari yang biasanya dilakukan para pelari,” ucap Jhonson.

Puncaknya, kata Jhonson Henrico Simatupang, pihaknya akan mengumpulkan seluruh juara-juara. Para juara tersebut akan dikirim lagi ke liga internasional.

”Dan kita sudah jadwal rutin sehingga Air Force Run memang betul-betul ajang nasional yang akan tetap kita pertahankan,” ucapnya.

Selain Pattimura Air Force Run, dalam rangka hari bakti TNI AU Lanud Pattimura juga melakukan beberapa kegiatan sosial antara lain khitanan massal, pengobatan gratis, penjualan sembako murah, hiburan dan bedah rumah.

"Bedah rumah, kita ada tiga paket rumah warga sekitar Lanud yang mau dibedah nantinya, adalah rumah yang sudah sangat tua dan lapuk," ujarnya.

Ia berharap beragam kegiatan itu dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Maluku khususnya di wilayah sekitar Lanud Pattimura.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024