Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah, M. Hanafi Rumatiga mengingatkan setiap orang tua harus mempersiapkan anak-anaknya dengan bekal agama yang kuat dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

"Perilaku yang menyimpang pada anak terkadang bukan karena kemauan, tetapi bisa saja akibat pengaruh lingkungan dan bisa juga karena ketidak-tahuan tentang ilmu agama," kata Hanafi dalam tauziahnya di Masjid Al-Anshar Sugiarto Masohi, Maluku Tengah, Jumat.

Silaturahim Kamtibmas yang dilakukan Kanwil Kememang Malteng bersama Polres setempat di masjid tersebut dilakukan dengan melaksanakan sholat magrib hingga isya secara berjamaah yang di masjid tersebut.

Kegiatan silaturahmi kamtibmas ini merupakan tindak lanjut dari adanya penandatanganan nota kesepahaman antara Kanwil Kemenang dengan Polres Maluku Tengah dalam bidang penyuluhan agama kamtibmas.

Menurut dia, pengetahuan agama yang cukup dapat menjauhkan anak-anak dari kejahatan atau kriminalitas sehingga jamaah diajak untuk selalu memakmurkan masjid dan menyiapkan anak-anak atau keluarga dengan akhlak yang mulia.

Hanafi juga mengajak seluruh jamaah untuk selalu meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

"Selalu mengontrol anak-anak kita agar terhindar dari pergaulan bebas," tandasnya.

Sementara Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi meminta dukungan dari para jemaah untuk bersama-sama membantu pihak aparat kepolisian dalam menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas tetap aman dan terkendali.

Dikatakan, sudah ada penandatanganan MoU antara Polres Maluku Tengah dan Kementrian Agama setempat terkait penyuluh agama dan kamtibmas.

"Kegiatan ini akan terus dilaksanakan dalam rangka pembinaan keumatan, karena dari evaluasi kasus menonjol yang sering terjadi di wilayah ini adalah penganiayaan yang sumber penyebabnya adalah pengaruh minuman keras, " tutur Kapolres.

Jamaah dan warga di kawasan tersebut juga diminta untuk menjaga keluarga dari hal-hal yang negatif.

"Pendidikan agama sangat penting diajarkan kepada anak-anak dan keluarga kita untuk memperkuat aqidah mereka agar terhindar dari hal-hal yang melanggar hukum," ucapnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020