Sejumlah komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara (Malut), diantara Aslan Hasan, dan Masita Nawawi Gani akan kembali mengikuti seleksi sebagai komisioner Bawaslu Malut periode 2022 - 2027. 

"Saya masih melihat perkembangan, tapi kelihatannya kembali maju di periode kedua dan akan mengikuti seleksi," kata Komisioner Bawaslu Malut, Aslan Hasan di Ternate, Sabtu. 

Sedangkan, Masita dengan tegas akan kembali mengikuti seleksi Bawaslu Malut. 

"Berdasarkan ketentuan, Saya bersama teman-teman Komisioner Bawaslu Malut masih memiliki peluang untuk maju, sehingga saya pastikan akan ikut seleksi," katanya.

Seperti diketahui, kedua Komisioner Bawaslu Malut ini masa jabatan bakal berakhir pada September 2022.
 
Aslan dan Masita saat dikonfirmasi wartawan usai Konferensi Pers Peluncuran Meja Bantuan mengatakan, akan kembali maju di periode kedua dan akan mendaftar untuk mengikuti seleksi anggota Bawaslu Malut. Untuk diketahui, pengumuman pendaftaran anggota Bawaslu Maluku Utara, dijadwalkan pada 13 - 21 Juni 2022 dan penerimaan pendaftaran  pada 22 hingga 30 Juni 2022.  

Tiga anggota Bawaslu Malut  masa jabatannya akan berakhir pada 21 September 2022.  Ketiganya, yakni, Muksin Amrin, Aslan Hasan dan Masita Nawawi Gani. 

Sedangkan Muksin sudah dua kali menjadi anggota Bawaslu. Dalam ketentuan hanya bisa dua kali. Sementara dua pimpinan lainnya, yakni Fahrul dan Ikbal masa jabatannya akan berakhir pada 2023. 

Sementara itu, pleno Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu Provinsi Malut akhirnya menetapkan, Arwan Mhd Said, M.Si selaku ketua dan menempatkan Dr Mohtar Kamisi sebagai sekretaris.

Ketua Timsel Arwan MHD Said dihubungi, membenarkan telah dilakukan pleno penetapan ketua dan sekretaris timsel yang telah dituangkan dalam berita acara pleno tertanggal 8 Juni 2022.

"Memang, kita telah melakukan pleno pemilihan ketua dan sekretaris timsel, dan teman-teman mempercayai saya selaku ketua timsel," kata Arwan di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Kamis.

Dirinya menyatakan, pleno yang berlangsung di Jakarta usai mengikuti Rapat Pembekalan Timsel bertempat di Grand Mercure Kemayoran, dihadiri empat anggota timsel dan salah satu timsel atas nama Syamsul Bacrun T, ST, M.Si melalui zoom metting pada Rabu (8/6) malam. 

Seperti diketahui timsel Bawaslu Maluku Utara diantaranya, Arwan MHD Said, M.Si, Dr Mohtar Kamisi, SP, M.Si, Dr Nam Rumkel, S.Ag, MH, Dr Selfianus Laritmas, SH., MH, dan Syamsul Bacrun T, SH, M.Si.

Baca juga: Bawaslu Malut harapkan partisipasi warga jadi pemantau Pemilu 2024
Baca juga: Bawaslu pusat ingatkan sinergitas & transparansi komisioner di Malut

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022