Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura membangun sumur air bersih di Pulau Buru, Provinsi Maluku, sebagai upaya membantu memfasilitasi kebutuhan air bersih masyarakat di daerah itu.

"Fasilitas sumur bor ini dibangun dalam Program TNI AD Manunggal Air di Desa Wapsalit, Kecamatan Lolonguba, Kabupaten Buru," ucap Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa, pada peresmian sumur air bersih di Namlea, Pulau Buru.

Hal itu, lanjutnya, menjadi bukti nyata kerja sama TNI AD dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam  kebutuhan pokok di daerah krisis air bersih.

“Dengan adanya fasilitas air bersih ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih, sehingga dengan tercukupi air bersih akan semakin meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata Pangdam Syafrial.

Selain membangun sumur bor, pihaknya juga memberikan bantuan pipa serta tandon air kapasitas 1.800 liter pada tiga titik yang berada di tiga desa yakni Desa Kubalihin, Desa Kayeli, dan Desa Wapsalit.

Pada kesempatan itu juga Pangdam Pattimura itu secara simbolis juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat sekitar serta pemberian asupan nutrisi dan gizi bagi anak-anak stunting.

Sementara itu Camat Lolonguba, Anthonius Besan, berharap sumur bor yang telah dibangun tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tidak hanya menjadi sebuah bangunan monumen semata.

“Untuk pihak yang telah membantu pelaksanaan pembangunan sumur bor ini, saya sampaikan terima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura dan jajaran, khususnya personel Kodim 1506/Namlea, atas kinerjanya, dan kepada masyarakat saya ucapkan terima kasih atas bantuannya," ucap Anthonius Besan.

Acara peresmian sumur bor itu turut dihadiri Ketua Persit KCK XVI/Pattimura Shinta Syafrial, Danrem 151/Binaiya, beberapa asisten Kasdam XVI/Pattimura, Dandim 1506/Namlea, Wakapolres Buru, Camat Lolonguba, Camat Teluk Kayeli, Kapolsek Waeapo, dan Danramil 1506-04 Waeapo.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024