Komando Distrik Militer (Kodim) 1511/Pulau Moa bersama Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku, memberikan penyuluhan tentang keselamatan melaut dan perikanan kepada para nelayan di Desa Tutukey Kecamatan Pulau Leti.

"Sosialisasi dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan kecil di Kabupaten MBD khususnya di Pulau Letti dan kita harus sama-sama menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara bijak, serta melestarikan alam sehingga bisa kita wariskan kepada anak cucu kita," kata Dansatgas TMMD Letkol Inf Galih Perkasa dalam keterangannya di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sasaran non fisik TMMD ke-121 tahun 2024 dalam rangkaian kegiatan TMMD 121 Kodim 1511/Pulau Moa.

Dalam kegiatan itu disampaikan materi tentang keterampilan dan keselamatan kerja saat melaut di perairan MBD dan sekitarnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten MBD Herdy. D. Ubro berharap masyarakat setempat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dapat menerapkan dengan baik apa yang disampaikan oleh tim penyuluh

Selain itu, kata dia, dengan adanya kegiatan pelatihan saat ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan nelayan kecil, sehingga pada waktunya tidak mengalami kecelakaan saat melaut.

“Di mana saat mesin tempel mengalami kerusakan kiranya sudah dapat langsung dilakukan perbaikan. Dengan peningkatan kapasitas nelayan kecil dapat juga mengurangi risiko kecelakaan saat melaut," tuturnya.

Sementara itu Bupati Maluku Barat Daya Benjamin Noach mengatakan bahwa pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk mendukung kelancaran Program TMMD baik secara fisik berupa pembangunan fasilitas umum, sosial maupun rehabilitasi rumah tidak layak huni, serta non fisik dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah bertajuk Kalwedo ini.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024