Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya mengajak Forum Pembauran Kebangsaan untuk bersama menjaga situasi kondusif jelang Pilkada serentak 2024.

"Penugasan atas penunjukan Forum Pembauran Kebangsaan kota Ambon dalam upaya menjaga situasi jelang Pilkada serentak 2024, kami berharap forum ini terus menjaga kebersamaan antar warga kota, " katanya, di Ambon, Kamis. 

Ia mengatakan, upaya membangun komunitas sosial  penting mengingat dalam waktu dekat kota memasuki Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), sehingga penguatan relasi sangat dibutuhkan guna meminimalkan konflik di masyarakat. 

"Saya berharap forum ini akan mampu memberikan warna dalam membangun komunitas sosial, di tengah keberagaman tantangan global, serta berperan aktif dalam meminimalkan potensi konflik serta ancaman di kota ini, terutama menjelang pilkada 2024," ujarnya. 

Ia menjelaskan, FPK merupakan bagian penting dari kerukunan nasional sebagai upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, oleh sebab itu pemerintah memiliki kewajiban melakukan penguatan kelembagaan. 

Forum pembauran kebangsaan kota Ambon merupakan perwakilan dari kurang lebih 23 suku yang ada di kota Ambon. 

"Kami berharap forum ini menjadi momentum penting bagi kita bersama karena anggota forum ini mempunyai akses dan jaringan yang sangat kuat ke masing-masing etnis,  agama dan kelompok masyarakat, sehingga menjadi modal sosial yang penting, " katanya. 

Ia menyatakan, penyelenggaraan forum ini juga perlu dukungan dari masyarakat dan juga kami dengan koordinasi yang baik antara aparat pemerintah, dan instansi terkait secara profesional.

Pihaknya berharap, dengan terbentuknya pengurus dan penguatan kelembagaan, serta pembangunan sosial yang baik, maka kehidupan warga masyarakat di Kota Ambon, yang terdiri atas berbagai suku dan ras ini tentunya dapat menghindari konflik, dan menjaga kerukunan antar masyarakat pada momentum Pilkada 2024.

"Kami berharap ini menjadi sebuah momentum penting bagi kita bersama, untuk mendukung dan  menjaga kebersamaan secara baik karena dimana ada kedamaian, kebersamaan, kerukunan pasti itu kita bisa beraktivitas dengan baik tentunya membawa damai sejahtera bagi kehidupan kita di kota ini," katanya

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024