Harga Cabai dan Bawang di Ambon Bervariasi

Harga Cabai dan Bawang di Ambon Bervariasi

Kolase photo cabai dan bawang (antarafoto)

Ambon, 14/11 (Antara Maluku) - Harga cabai rawit dan bawang yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon masih bervariasi, walaupun stok cukup banyak.

Di Pasar Mardika dan Batu Merah, Selasa, para pedagang menawarkan harga cabai rawit Rp42.000 hingga Rp45.000/kg, sedangkan eceran Rp6.000/cupa (cupa ukuran satu kaleng susu kental manis cap Nona), dan Rp5.000/tumpuk kecil, sedangkan cabai keriting masih tetap stabil Rp30.000/kg.

Selain itu ada juga cabai merah biasa yang dipatok dengan harga Rp40.000/kg, eceran Rp6.000/cupa.

Harga cabai masih bagus, sebab stok cukup banyak hanya saja patokan harga yang diterapkan pedagang tidak merata, masih bervariasi,"kata Rosmina pedagang setempat.

"Walaupun hal seperti itu sudah dianggap biasa, sebab pembelian dari para petani lokal juga harga tidak merata menyebabkan harga eceran yang dipatok juga tidak merata," ujarnya lagi.

Namun sejak akhir bulan September sampai sekarang tidak ada perubahan harga cabai yang naik melewati Rp50.000 per kg, padahal sebelumnya harganya pernah mencapai Rp120.000/kg pada saat cabai rawit menghilang di pasar.

Marsya, seorang ibu rumah tangga yang bermukim di kawasan Paradiso yang ditemui saat membeli cabai rawit dua kilogram untuk keperluan sebagai pengelola warung makan mengatakan, harga cabai sudah bagus hanya saja tidak merata.

"perbedaan harga di antara sesama pedagang berkisar antara Rp3.000 hingga Rp5.000 tiap kilogram, namun tidak terlalu mempengaruhi masyarakat yang berbelanja sebab kebanyakan ibu-ibu membeli yang eceran," ujarnya.

Sedangkan bawang merah maupun baweang putih juga harga masih normal tetapi tidak merata.

Bawang merah di pasar Mardika dan Batu Merah pedagang mematok harga Rp28.000/Kg, sedangkan di pasar Gotong Royong dipatok harga Rp30.000/kg, sedangkan eceran Rp5.000/bukus kecil, dan harga bawang putih merata yakni Rp26.000/Kg.