Gubernur Maluku,  Murad Ismail berharap dengan dilantiknya Halimun Saulatu sebagai anggota DPRD PAW sisa masa bhakti 2019-2024 secara otomatis telah menambah kompoisi anggota legislatif sehingga memotivasi peningkatan kinerja lembaga legislatif  kedepan.

"Sebagai seorang politikus diharapkan kepada Halimun untuk segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugas mulia yang menanti," kata Gubernur di Ambon, Rabu.

Harapan Gubernur disampaikan pada saat pelantikan anggota DPRD PAW sisa masa jabatan 2021-2014 yang berlangsung secara virtual.

Halimun dilantik berdasarkan Surat keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 161.81-1348 Tahun 2021 tertanggal 6 Juli 2021 tentang peresmian/pengangkatan PAW anggota DPRD Maluku.

Menurut dia, DPRD melekat tiga fungsi utama yaitu  legislasi,  anggaran, dan  pengawasan, maka diharapkan tiga fungsi ini mendapat perhatian serius dan ditindaklanjuti secara optimal.

Gubernur juga mengingatkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI telah merancang Pelabuhan Ambon Baru atau Ambon New Port dan telah menyampaikan dokumen perencanaan tanah kepada Gubernur sesuai ketentuan berlaku.

Sehingga telah menindaklanjuti dengan membentuk tim persiapan pengadaan tanah yang akan bekerja bersama sama dengan Pemkab Maluku Tengah dan instansi terkait untuk melakukan tahapan pembebasan lahan di Negeri Waai, kecamatan Salahutu, Pulau Ambon.

Karena itu, diharapkan dukungan penuh dari seluruh anggota DPRD Maluku sebagai wakil rakyat sehingga desain program bisa terlaksana sesuai kebijakan pemerintah pusat.

Sementara Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury mengatakan, dengan dilaksanakan pengambilan sumpah/janji dimaksud dan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, maka Halimun secara resmi telah menjabat sebagai anggota DPRD Maluku menggantikan Wellem Z. Wattimena dari Partai Demokrat.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021