Selasa, 24 Oktober 2017

Pemkot Ternate Diminta Programkan Penyelenggaraan Olahraga Wisata

id Ternate
Ternate, 12/8 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) diminta memrogramkan penyelenggaraan olah raga wisata, untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah yang dikenal sebagai penghasil rempah itu.

"Pemkot Ternate bisa mencontoh penyelenggaraan olah raga wisata seperti lomba balap sepeda Tour the Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, yang banyak menarik kunjunga wisatawan," kata salah seorang pemerhati parawisata di Malut Abdul Kadir di Ternate, Sabtu.

Olah raga wisata yang dapat digelar di Ternate, di antaranya lomba lari keliling Pulau Ternate, lomba balap sepeda keliling Pulau Ternate dan lomba renang antara Pulau Ternate dengan Pulau Tidore.

Menurut dia, jalan lingkar Pulau Ternate sepanjang 45 kilometer sangat cocok untuk penyelenggaraan lomba lari maraton atau lari jarak 10 kilometer dan 20 kilometer, apalagi sepanjang jalur jalan lingkar Pulau Ternate itu menyajikan pemandangan sangat indah.

Khusus untuk lomba balap sepeda, selain memanfaatkan jalan lingkar Pulau Ternate, Pemkot juga bisa menjalin kerja sama dengan Pemkot Tidore Kepulauan dan Pemkab Halmahera Barat untuk memanfaatkan ruas jalan dikedua daerah itu sebagai rute tambahan.

Abdul Kadir mengatakan, penyelenggaraan olah raga wisata di Ternate pasti akan banyak diminati, baik peserta dari dalam maupun luar negeri karena Ternate selama ini sudah dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata menarik.

Objek wisata yang ada di Ternate di antaranya, tujuh Benteng peninggalan bangsa Eropa, Kedaton Kesultanan Ternate, yang menyimpan berbagai peninggalan kesultanan, seperti Mahkota Emas berambut serta objek wisata bahari dan panorama alam Gunung Gamalama.

"Untuk menggelar olah raga wisata di Ternate, Pemkot setempat bisa menjaling kerja sama dengan pengurus cabang olahraga atau sponsor yang selama ini sering ambil bagian dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga wisata diberbagai daerah di Indonesia," kata Abdul Kadir menambahkan.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga