Minggu, 22 Oktober 2017

Tim Dokter Vlisingen Lakukan Operasi Urologi Gratis

id Vlisingen
Oleh Penina Mayaut
Ambon, 10/10 (Antara Maluku) - Tim dokter dari Vlissingen, Belanda kembali melakukan operasi urologi gratis bagi warga kota Ambon, pada 16 - 27 Oktober 2017.

"Operasi gratis urologi ditujukan bagi warga kota Ambon dan sekitarnya karena itu masyarakat dapat mendaftarkan di setiap Puskesmas dan rumah sakit," kata Plt Kadis Kesehatan kota Ambon, Nurhayati Yasin, Selasa.

Ia mengatakan, operasi urologi dilakukan oleh tim dokter Vlissingen melalui kerja sama sister city (kota kembar) Ambon yang dijalin sejak 2011.

"Masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan saluran kencing, batu ginjal dan prostat dapat memperoleh pengobatan operasi oleh tim ahli dari Vlisingen secara gratis," ujarnya.

Nurhayati menjelaskan, tim Vlissingen mendatangkan dokter ahli urologi yakni dokter anastesi, asisten dan beberapa perawat. Tim ini juga akan dibantu dokter ahli dari rumah sakit di Ambon untuk mempermudah proses operasi.

Tim awal telah tiba di Ambon pada 9 Oktober 2017 untuk mengecek kesiapan rumah sakit, dilanjutkan dengan tim dokter yang akan datang pada 15 Oktober 2017.

"Sebanyak 30 pasien telah terdaftar. Pasien sebelumnya dilakukan pemeriksaan awal oleh tim dokter sebelum dioperasi. Kami juga masih membuka kesempatan bagi warga yang mengalami masalah kesehatan untuk melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Operasi urologi dilaksanakan setiap tahun dan ditujukan kepada masyarakat miskin di Kota Ambon, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatan.

"Semakin banyak masyarakat yang mendaftar lebih baik.Jadi, tergantung kesiapan para dokter karena waktu melakukan operasi di Ambon selama dua minggu, sehingga diharapkan masyarakat untuk mendaftarkan diri," tandas Nurhayati.

Ia mengemukakan, warga Ambon dan sekitarnya yang ingin dioperasi secara gratis diharapkan langsung mendaftarkan diri ke di masing-masing Puskesmas di desa/kelurahan dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

"Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi dan beramai-ramai mendaftarkan diri agar terlayani operasi gratis ini mengingat semua biayanya termasuk pengobatan ditanggung," katanya.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga